<



In Memoriam

Bavo Theodorus Adrianus Jozef Westgeest Bavo Westgeest

Bavo Theodorus Adrianus Josef Westgeest, saudara dina kapusin
Lahir pada tgl. 15 Juni 1941 di Voorburg
Saudara dina kapusin sejak tgl. 30 Agustus 1959
Meninggal dunia tgl. 22 November 2006 dan dimakamkan pada tgl. 27 November 2006 di Tilburg.


Bavo Theo Westgeest

Sebagai misionaris ia bertolak menuju Sumatra-Indonesia pada tahun 1968. Menjadi dosen di Perapat dan pastor di pulau Samosir. Setelah mengalami kecelakaan motor yang berat, terpaksa kembali ke negeri Belanda pada th.1984. Theo Westgeest, Bavo, berbakat banyak. Belajar dengan mudah.
Musik sangat disukainya dan organ dimainkan dengan baik. Tak terhitung jumlah lagu harian yang pengiringannya dikerjakan. Sifatnya halus dan berhumor serta sering ketawa dan bergurau. Ia tetap seorang misionaris.
Hampir setiap malam waktunya di Sumatra diceritakan. Banyak relasi dipelihara, baik di Sumatra, dengan keluarganya maupun dengan banyak orang tersebar di seluruh negeri Belanda. Setelah pulang ke negeri Belanda tak mampu lagi mengemban tugas berat. Namun banyak tugas ringan dilaksanakan. Misalnya selaku jurubahasa pada kapitel dan anggota komisi perpustakaan, berkhotbah dan membantu di banyak gereja.
Ia seorang beriman tradisional dan konservatip, tak terbuka bagi perkembangan baru. Pelahan-lahan kesehatannya mundur. Setelah bertempat tinggal di Nijmegen selama 16 tahun, perlu dipindahkan ke Tilburg karena kesehatannya memburuk setelah tiga kali dioperasi pada jantungnya. Berjalan, bernapas, keadaan tubuhnya makin parah. Sulit sekali baginya menerima situasi itu; juga menyesuaikan cara hidupnya dengan kesehatannya yang memburuk merupakan beban berat baginya. Kematian menyergapnya, pula teman-teman serumah dan keluarganya. Ia dimakamkan di pekuburan biara di Tilburg pada tgl. 27 November 2006.
Semoga ia beristirahat dengan damai.
(Vertaling: Bart Janssen)

of naar onze homepage